EDMODO : Sebuah Platform alternatif untuk pembelajaran jarak jauh

Edmodo – Penggunaan teknologi merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam setiap aspek kehidupan, contohnya pada proses pembelajaran di sekolah. Hal tersebut dapat terlihat dari kegiatan guru dan siswa dalam menggunakan komputer dan internet di sekolah. Baik untuk menulis laporan, membuat soal ulangan, mengumpulkan tugas hingga sebagai model sistem pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, aktif, dan kreatif. Tujuannya untuk mendorong penyelenggaraan pembelajaran yang efektif seperti yang tercantum di dalam isi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.

Kemajuan di bidang teknologi informasi melahirkan konsep baru dalam pembelajaran yang berbasis IT atau yang lebih dikenal dengan e-learning. Penggunaan terminologi e-learning sendiri dapat mengacu pada semua kegiatan pelatihan atau pendidikan yang menggunakan media elektronik atau teknologi informasi. E-learning dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah media atau yang lebih dikenal dengan sebutan platform untuk menunjang kegiatan e-learning itu sendiri. Platform e-learning ada yang dapat langsung dimanfaatkan tanpa harus disediakan server secara khusus dan proses instalasi yang panjang. Platform tersebut adalah edmodo, schoology, quick lessons, edu 2.0, blackboard collaborate, learnopia, udemy, dan peer to peer university.

Jenis Platform e elarning

Edmodo adalah salah satu jenis platform e-learning yang didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara. Platform ini dapat dimanfaatkan secara langsung tanpa harus menyediakan server khusus dan instalasi panjang yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu ruang kelas. Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid. Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah. Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook. Dengan menggunakan Edmodo guru tidak lagi mengalami kesulitan dalam memberikan tugas atau kuis kepada siswa. Karena tugas dan kuis dapat diberikan tanpa harus menunggu jadwal tatap muka terlebih dahulu. Selain itu juga guru dapat memberikan ringkasan-ringkasan materi pelajaran agar dapat digunakan belajar mandiri oleh siswa (Zamrotul Ainiyah, 2015:12). Menurut Nu’man (2014:2) Edmodo merupakan bukti pesatnya perkembangan teknologi internet yang ada, dapat disimpulkan bahwa edomodo adalah platfrom media sosial bagi guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa yang berfungsi untuk berbagai ide file agenda kegiatan dan penugasan yang dapat menciptakan interaksi antara guru dan siswa, sehingga edmodo memungkinkan bisa diterapkan sebagai media pembelajaran.

Edmodo merupakan jawaban yang sangat tepat untuk permasalahan di atas. Edmodo merupakan platform media sosial, seperti facebook yang dikembangkan khusus untuk siswa dan guru dalam suatu ruangan kelas virtual yang dapat berfungsi untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan (Tim Seamolec, 2013:145). Penggunaan edmodo ini dapat menjadikan siswa aktif berpartisipasi karena media ini menyediakan lingkungan belajar interaktif. Siswa dapat memperoleh informasi berupa dokumen elektronik untuk memperkaya studi mereka. Selain itu, siswa mampu berkomunikasi langsung dengan teks, gambar, suara, data dan audio video melalui edmodo dan interaksi yang dihasilkan dapat menciptakan suasana belajar yang efektif. Edmodo dirancang untuk membuat siswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam edmodo, guru dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa, dan lencana penghargaan kepada siswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. Dalam pembelajaran edmodo, guru berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru kepada siswa, administrator, orang tua. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.

Pembelajaran menggunakan edmodo dapat dilaksanakan dimana dan kapan saja tidak terbatas pada ruang dan waktu, sehingga masalah waktu untuk diskusi dan pemberian bahan ajar dapat diatasi. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada siswa dengan mudah dan siswa dapat mengunduh bahan ajar tersebut. Edmodo juga merupakan sarana yang tepat untuk ujian maupun kuis karena guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja. Selain guru dan siswa, siswa satu dengan siswa lainnya juga dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya. Edmodo ini juga dapat digunakan orang tua murid dalam memantau kegiatan belajar anaknya.

Menurut Amiroh (2013), adapun kelebihan dari jejaring edmodo adalah :

  1. Membuat pembelajaran tidak bergantung pada waktu dan tempat.
  2. Meringankan tugas guru untuk memberikan penilaian kepada siswa.
  3. Memberikan kesempatan kepada orangtua/ wali siswa untuk memantau aktivitas belajar dan prestasi dari putra-putrinya.
  4. Membuat kelas lebih dinamis karena memungkinkan interaksi guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa dalam hal pelajaran atau tugas.
  5. Memfasilitasi kerja kelompok yang multidisiplin.
  6. Mendorong lingkungan virtual kolaboratif yang membantu pembelajaranberbasis proses.
  7. Penggunaan bahasa program sudah tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga memudahkan guru dan siswa menggunakannya.

Fitur edmodo disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo (Basori: 2013:100).

a). Assignment

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.

b). File and Links

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.

c). Quiz

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupapilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapatdibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis.

d). Polling

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran.

e). Gradebook

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukan berdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz. Penilaian pada gradebook dapat di-export menjadi file.csv.

f). Library

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya. Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya.

g). Award Badges

Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepada siswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan.

h). Parents Codes

Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantau aktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing-masing orangtua/wali.

Tampilan Branda Edmodo

DAFTAR PUSTAKA

Amiroh. 2013. Antara Moodle, Edmodo dan schoology. http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan-schoology/

Nu’man. 2014. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa. Duta.com, 7 (1), 2.

Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network ”Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, VI (2), 100.

Zamrotul A. 2015. Penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMKN 1 surabaya. p: 12.

Tim Seamolec. 2013. Simulasi Digital Jilid I. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. p: 145.

Leave a Comment